langkah-langkah pelatihan dalam bidang pertanian atau perikanan atau peternakan untuk lingkungan kecil keluarga perkotaan.

Upaya memperdayakan masyarakat harus mempertimbangkan faktor SDM, SDA dan budaya. Coba saudara terapkan pada upaya pemberdayaan ekonomi di lingkungan masyarakat pedesaan

Jawaban:

Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk pemberdayaan ekonomi di lingkungan masyarakat pedesaan adalah sebagai berikut:
a. Melaksanakan pemetaan potensi desa dan jaringan pasar yang dapat dikelola untuk menjadi sumber ekonomi desa dan ekonomi masyarakat. 
b. Menerapkan metode pembinaan dan pembimbingan atau pendampingan langsung untuk melaksanakan percepatan pembangunan dalam aspek sosial budaya, penguatan kapasitas pemerintah desa dan penataan administrasi pemerintah desa. 
c. Membangun sinergitas antara perencanaan pembangunan desa dengan perencanaan daerah dan perencanaan nasional. 
d. Membangun tata kelola desa menjadi organisasi modern yang berbasis kultural desa.
e. Pemanfaatan sumber daya alam (SDA) dan sektor-sektor potensial secara produktif, efisien, dan efektif.
f. Pembangunan infrastruktur dan sarana pembangunan secara merata ke seluruh bagian wilayah.
g. Peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) sebagai insan pembangunan.

Salah satu contoh upaya yang telah pemerintah lakukan dalam pemberdayaan ekonomi di lingkungan masyarakat pedesaan di Indonesia adalah dengan melakukan Pemberdayaan ekonomi Usaha Bersama Komunitas atau (UBK). Melalui program UBK, Kemendes menetapkan fokus ekonomi pemberiaan bantuan pengembangan usaha bisnis bagi kesejahteraan masyarakat pedesaaan. Pembukaan program projek UBK telah di laksanakan dan sekaligus diresmikan pada tahun 2016 di Kuta, Bali. Ide UBK ini muncul dengan adanya UUD No 6 th 2014, melalui usulan Bottom Up, masyarakat desa akan mendapatkan fasilitas seperti materi manajement, modal dan peralatan produksi supaya produk yang dihasilkan dapat berkembang. Dengan tujuan UBK sendiri yaitu dapat menjadikan UBK menjadi perubahaan secara nyata terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat desa terutama yang berada dilokasi tepat sasaraan penerima bantuaan serta berkelanjutan dan menjadi pondasi pertumbuhaan ekonomi nasiona.

3. Beri contoh langkah-langkah pelatihan dalam bidang pertanian atau perikanan atau peternakan untuk lingkungan kecil keluarga perkotaan. 

Jawaban:

Kawasan perkotaan umumnya cenderung dikembangkan bagi pemanfaatan lahan non pertanian. Walaupun demikian, pertanian perkotaan tetap menjadi salah satu pola pemanfaatan lahan yang akan mempengaruhi bentuk sekaligus keberlanjutan dari suatu kawasan perkotaan (Abrilianty dan Iwan, 2013). Dari segi pengertiannya, pertanian perkotaan merupakan suatu kegiatan pertanian yang dilakukan di kawasan perkotaan yang dilakukan dengan memanfaatkan lahan sempit perkotaan untuk kegiatan pertanian. Adanya pertanian perkotaan memungkinkan terjadinya penanaman, pemanenan dan pendistribusian makanan dari daerah perkotaan. Dengan demikian, pertanian perkotaan dapat memenuhi kebutuhan pangan di wilayah perkotaan, serta dapat meningkatkan pendapatan petani perkotaan. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan dari pertanian perkotaan yaitu  memenuhi kebutuhan pangan dengan produksi pangan lokal.

Ditambah kondisi saat ini yaitu adanya Covid-19 yang membuat banyak dari pegawai di perkotaan dirumahkan bahkan ada juga yang di PHK. Jadi ketahanan pangan sangat dibutuhkan saat ini di daerah perkotaan. Lalu bagaimana cara melakukan ketahanan pangan di perkotaan?, salah satu bidang pertanian yang dapat digunanakan adalah sistem pertanian akuaponik. Akuaponik yaitu sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik.
 






Hal ini mungkin sangat efektif untuk diterapkan saat kondisi saat ini. Dengan memanfaatkan peralatan-peralatan sederhana dan bahan-bahan yang terjangkau. Akuaponik dapat di diterapkan dan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Untuk akuaponik sendiri sayuran yang dapat ditanam yaitu seperti OkraTomatPaprikaSeladaKemangiBuncisKolKacang polongTalas, BawangUbi jalarStroberi serta Rempah-rempah bumbu dapur. Sedangkan untuk perikanan yang dapat dipelihara adalah perikanan ikan-ikan jenis air tawar seperti ikan mas, nila, lele, patin, belut, hingga lobster air tawar.

Manfaat Aquaponik
Beberapa manfaat  dari budidaya dengan sistem aquaponik antara lain adalah :
Kotoran ikan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pupuk organik yang baik bagi pertumbuhan tanaman.
Produk yang dihasilkan merupakan produk organik karena hanya menggunakan pupuk dari kotoran ikan yang telah melalui proses biologis.
Menghasilkan dua produk sekaligus; yaitu sayur dan ikan, dari satu unit produksi.
Dapat menghasilkan sayuran segar dan ikan sebagai sumber protein pada daerah-daerah kering dan ketersediaan lahan terbatas.
Bersifat berkelanjutan dengan perpaduan tanaman dan ikan dan siklus nutrien.
Selain untuk aplikasi komersial, aquaponik telah menjadi tempat pembelajaran yang populer bagi masyarakat maupun siswa-siswa kejuruan perikanan tentang biosistem terpadu.
Populasi tanaman organik yang dapat ditanam 10 kali lipat lebih banyak. Dengan aquaponik tanaman dapat ditanam dengan kerapatan tinggi dengan sistem terapung di atas air. Sistem ini mampu menampung hingga 10 kali lipat jumlah tanaman pada luasan yang sama. Dan setiap akar tanaman selalu mendapat pasokan air yang kaya akan zat hara. 
Pemeliharaan yang mudah, tidak memerlukan penyiangan, terbebas dari hama tanah dan tidak memerlukan penyiraman.
Bila pertumbuhannya baik, tanaman akan tumbuh lebih cepat.

Untuk membuat budidaya dengan sistem ini, yang kita butuhkan adalah beberapa komponen sebagai berikut :
Kolam atau tangki pemeliharaan ikan. Nah ini kita bisa menggunakan terpal bekas, spanduk bekas atau bak besar. 
Unit penangkap dan pemisahan limbah padat (sisa pakan dan feses).
Bio filter aquaponik, sebagai media tumbuh bakteri nitrifikasi dan mengonversi amonia menjadi nitrat, yang dapat digunakan oleh tanaman yang ditanam di atasnya.
Subsistem hidroponik, yakni bagian dari sistem di mana tanaman tumbuh dengan menyerap kelebihan hara dari air.
Sump, titik terendah dalam sistem. Tempat air mengalir ke dan dari, yang dipompa kembali ke tangki pemeliharaan.
Alat dan Bahan
Untuk melakukan budidaya aquaponik tidak memerlukan alat yang mahal, tetapi kita dapat menggunakan barang-barang yang ada di sekitar kita. Adapun alat yang digunakan dalam budidaya aquaponik yaitu :
· Pompa aquarium                                      • Gabus filter bekas
· Paralon                                                      • Sumbu kompor
· Botol/gelas bekas air mineral                  • Sekam/batu

Langkah-langkah sistem budidaya aquaponik :
1. Menyiapkan kolam yang telah disi dengan ikan
2. Pembuatan wadah untuk tanaman. Yaitu untuk menaruh tanaman, digunakan pipa paralon yang di diberi lobang diatasnya sesuai dengan ukuran wadah tanaman. Pada ujung paralon dibuat lubang kecil sebagai tempat untuk mengalirkan air ke kolam ikan. Lubang tempat mengalirnya air tersebut dibuat agak ke tengah paralon sehingga walaupun listrik pada air masih tetap ada di dalam paralon sehingga tanaman tidak layu.
3. Penyemaian BenihBenih disemai pada tray atau wadah semai. Gunakan benih yang tingkat germinasinya diatas 80%. Media semai yang baik dan umum digunakan adalah rockwool. Rockwool sangat praktis karena memiliki daya serap air yang tinggi dan steril, tetapi karena rockwool masih sulit didapatkan bisa diganti dengan gabus filter aquarium atau spon. Jika bibit telah cukup umur dan tumbuh baik,  pindahkan  bibit ke media tanam.
4. Menyiapkan pot tanamanWadah tanaman dapat menggunakan pot/gelas khusus untuk tanaman hidroponik, atau  membuat pot dari botol plastik bekas dengan memberi sumbu kompor atau kain resapan di bawah pot sebagai alat untuk resapan airnya.
5. Jika benih tanaman sudah mulai tumbuh, atau sudah mempunyai dua daun maka tanaman sudah bisa dipindahkan ke paralon yang dibuat  Untuk media tanamnya bisa digunakan gabus filter bekas aquarium ataupun sekam.
6. Setelah tanaman dimasukkan  ke dalam  paralon, kemudian pada kolam dipasangkan pompa aquarium, dimana selang dari pompa aquarium tersebut dimasukkan ke dalam paralon sehingga air dari kolam ikan mengalir ke dalam paralon dan kembali ke kolam ikan lagi.
7. Bila pertumbuhannya baik, tanaman dapat dipanen dalam satu bulan, sedangkan ikan nila dapat dipanen dalam waktu 5-6 bulan.

Langkah melakukan pelatihan
Pelatihan untuk melakukan Budidaya dengan sistem akuaponik harus dilakukan dengan orang yang ahli dibudangnya. Pemerintah dapat menggandeng para ahli akuaponik untuk melakukan penyuluhan dan pelatihan mengenai akuaponik. Langkah-langkah Yang dapat dilakukan adalah seperti berikut: 
1. Diminggu pertama para pemerintah desa dan ahli akuaponik melakukan penyuluhan mengenai akuaponik kepada masyarakat di setiap RW. Melihat kondisi saat ini, Hal ini dapat dilakukan dengan melalui virtual yaitu seperti media online. Untuk masyarakat yang memiliki kekurangan akses internet. Para RT dapat membantu dengan melakukan penyuluhan dengan membuat kelompok kecil yang tetap berpendoman pada pencegahan covid-19. Pada minggu ini juga dilakukan pendistribusian bahan dan peralatan kepada masyarakat agar masyarakat mengenalnya. selain itu masyarakat di minta menyiapkan unsur hara yang diperlukan untuk melakukan akuaponik. M
2. Di minggu kedua Petugas pelatihan dapat melakukan penyuluhan secara langsung untuk melakukan pembuatan akuaponik. Masyarakat yang sudah melengkapi alat dan bahan dapat dibimbing langsung oleh petugas. Hal ini dapat dilakukan melalui virtual atau seperti poin ke-1. Petugas pelatihan menerangkan bagaimana cara-caranya pada minggu ini. 
3. Pada minggu ketiga Petuga pelatihan menyambangi rumah-rumah masyarakat per RT nya di setiap RW. Hal ini bertujuan untuk melihat perkembangan yang dilakukan masyarakat dan untuk mengetahui secara langsung kendala apa Yang terjadi di masyarakat. Dan bagi RT Yang belum mendapatkan bagian penyambangan, masyarakat tersebut dapat melakukan pelaporan progres mengenai akuaponik kepada RT nya Yang selanjutnya akan di sampaikan kepada RW untuk disampaikan langsung kepada petugas penyuluh pelatihan akuaponik. 
4. Pada minggu keempat Petugas penyuluh pelatihan akuaponik masih melakukan penyuluhan kepada RT Yang belum di sambangi. Dan untuk warga Yang sudah disambangi ataupun belum. Mereka harap melaporkan kepada RT mereka, apabila terdapat kendala dalam pelaksanaanya ataupun mengenai perkembangan akuaponik mereka. 
5. Pada setiap minggu nya masyarakat diharapkan melaporkan baik itu Perkembangan dan atau kendala yang dihadapi kepada RT mereka. Agar apabila terdapat permasalahan Petugas penyuluhan pelatihan akuaponik dapat menghubungi secara langsung masyarakat tersebut untuk melakukan penyelesaian masalahnya. 
6. Hingga pada saat panen tiba, penyuluh akan menyambangi setiap rumah masyarakat untuk melihat tingkat keberhasilan dari akuaponik mereka. dan disitu para petugas melakukan evaluasi mengenai pelaksanaan program pelatihan akuaponik mereka. 
7. Untuk memberikan motivasi dan dorongan kepada masyarakat. Pemerintah desa dan Petugas penyuluhan pelatihan akuaponik dapat memberikan penghargaan kepada masyarakat yang berhasil dalam pengembangan akuaponik mereka. 
Diharapkan dengan melakukan program pelatihan akuaponik ini, masyarakat Yang dirumahkan karena covid-19 tetap dapat memenuhi kebutuhan mereka yaitu dari hasil budidaya akuaponik mereka. Dengan ini juga, dapat menghilangkan kejenuhan mereka dirumah karena tidak memiliki aktivitas dirumah. Masyarakat juga tetap dapat Produktif. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal Mahasiswa UNSIKA terbaru

PMB UNSIKA 2021 Jalur SNMPTN, Rata-rata nilai, daya tampung, peminat dan keketatanya

Keketatan dan Daya Tampung SNBT UNSIKA 2023