Akar Berkualitas Indonesia Produktif

Akar Berkualitas Indonesia Produktif


Assalamualaikumguys…..
Holla.. heelooo… huhh.. heyy
Come back again on.. my blogg… yuhuuu

Okey guys, hayo penasaran ya artikel apa yang akan kubuat kali ini… apa kali citarum, kalideres, kali ciliwung, atau kali and… hhhhh wkwk..  okey okey.. lanjut… dari pada kita pacaran, mending kita sholawatan.. bener nggak tuh.. huft si mimin dahh.. bisa ae.. eaa eaa,, krikk krikk maklum kalo garing, sukanya yang kriuk2 wkwkwk

Iyah tau, mau langsung ke intinya kan?.. sabar ngapa etdahhh..
Iyah.. jadi gini, aku kali ini bersempatan buat mengikuti lomba menulis blog lagi…. yeayy.. kesempatan langka..  kali ini yang akan ku bahas adalah cara meningkatkan SDM agar menjadi Unggul Berkualitas sehingga indonesia bisa produktif..
iyah Unggul berkualitas,, kayakk kamuu.. upss

Eiittsss sebelumnya yuk kita bahas dulu akar dari permasalahnnya, biar nggak setengah-setengah alias NANGGUNG… gak banget kannnnn…

Yuk mulai..

SDM atau yang biasa kita sebut dengan Surat Dari Mantan.. ethhdahhh dibaca pulaa… wwkwk, canda canda guyss… slow napah dahh.. emosi mulu.. dahhh… udah ahh hayati lelah bercanda, serius yaaa.. ok.. okk.. wkwk

Okey,SDM atau sumber daya manusia, adalah sebuah sumber daya yang berasal dari manusia itu sendiri, udah.. simpel kan. Logika nya guys… SDA= sumber daya alam, yang berasaral dari Alam, ya SDM ya Manusia itu sendiri yang jadi sumbernya. Jadi pembahasannya bagaimana sih agar SDA, ethhdaah SDM maksdnya, biar SDM itu produktif,.. *Min Produktif apaan dah..

Nah kalo tadi kita kupas tentang SDM nya sekarang kita bahas produktifnya, jadi produktif yang dimaksud disisni adalah suatu kegiatan yang mampu menghasilakan sesuatu yang menguntungkan dan bermanfaat bagi dirinya sendiri ataupun orang lain. Jadi yang dimaksudkan SDM unggul indonesia produktif adalah dari SDM yang unggul berkualitas dapat menjadikan indonesia yang mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat demi kemaslahatan hidup bermasyarakat di indonesia ini.

Jadi, oh jadi bagaimana sih membuat SDM itu menjadi Unggul yang disertai kualitas mumpuni sehingga bisa menjadikan negara indonesia ini produktif?

Di sini jelas, bahwasanya menjadikan indonesia menjadi negara yang produktif bukan hanya dilakukan oleh beberapa pihak-pihak tertentu saja, melainkan dari setiap lini masyarakat pun memiliki turut adil dalam menjadikan indonesia produktif. Kita harus merangkul bersama-sama gotong royong agar apa yang kita cita-citakan dapat terwujud bersama. Tidak terbayang jika orang kaya hanya menkayai dirinya sendiri, orang pintar mempintari diri sendiri, semua masyarakat indonesia menjadi individual. Ya mungkin kita bisa saja melakukan itu, tapi apakah kita bahagia, itu yang menjadi pertanyaannya!. sejahat-jahatnya manusia pasti mereka memiliki hati nurani didalamnya,.. hidup ini bukan sekedar hidup, hidup akan lebih berarti apabila kita dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, itulah kedamaian hidup yang sejati.

Lalu bagaimana sih seharusnya mewujudkan SDM yang unggul, agar indonesa menjadi produktif?


Menjadikan Sumber daya Manusia yang unggul bukan perkara kecil namun bukan juga perkara besar. Didalam keinginan itu harus kita landasi dengan niat. Jika niat saja tidak ada, bagaimana seseorang tersebut melakukan gerakan untuk mencapai tujuannya. Jelas ia akan menjadi orang yang serba instan. Ya, instan adalah hal yang sangat enak, namun itu hanya berlaku sementara. Kenapa?, karena proses yang komplit akan lebih menghasilkan produk-produk unggul dan kompeten dibandingkan, kita hanya melakukan yang instant saja. Sensasi dan kepuasan pun akan berbeda. Oleh karena itulah dalam hal mengunggulkan SDM kita memerlukan proses-proses yang komplit agar dapat terjaminnya SDM tersebut.

Proses-proses yang dapat ditempuh dalam mengunggulkan SDM, yaitu salah satunya melalui pendidikan. Pendidikan menjadi satu tolak ukur utama dalam melakukan peningkatan kualitas SDM tersebut. Terlebih fokus utama pendidikan adalah kaum milenial yang akan menjadi penerus bangsa kedepannya. Dalam pendidikan sendiri terdapat 2 faktor utama pendukung SDM agar unggul yaitu:
1. Faktor internal
a) Pendidik
Yang dimaksudkan disini adalah seorang pendidik harus menjadi pendidik yang profesional yang kompeten dibidangnya. Pendidikan merupakan hal yang baku yang sejak dari dulu sulit diubah dalam pelaksanaan pembelajarannya. Disini dibutuhkannya pendidik yang mampu menuntun dan mengarahkan para peserta didik di passionnya masing-masing. Jadilah pendidik yang tidak memaksakan kehendak kepada peserta didik yang mampu menguasai segala mata pelajaran. Setiap orang itu unik dan memiliki keahliannya masing-masing. Oleh karena itulah jika indonesia masih menggunakan sistem kuno seperti itu, maka kapan indonesia maju?.
b) Peserta didik
Peserta didik pun memiliki turut adil dalam melaksanakan indonesia yang produktif. Perlu ditanamkan dalam diri mereka bahwa hasil bukannlah segalanya, proses pun akan sama artinya jika tidak diiringi dengan hasil yang diinginkan. Oleh karena itulah antara peoses dan hasil harus sama besar agar tidak terjadi ketimpangan. Sehingga pribadi tersebut dapat menjadi pribadi yang berilmu dan berkarakter serta moral etika yang baik.

2. Faktor eksternal
a) Pendidikan
Pendidikan di indonesia sendiri terdiri dari tiga jalur, yaitu pendidikan formal, informal, dan non formal. Dari masing-masing pendidikan tersebut memiliki tujuan-tujuannya sendiri. Diperlukannya peranana orang-orang yang berada di lingkup itu untuk menjadikan pendidikan sebagai wahana meraih kesuksesan. Buatlah sekolah itu menjadi sekolah yang menyenangkan dan mengasikkan. Karena dengan begitu dapat membuat pola pikir dan rangsangan otak para peserta didik dapat bekerja secara optimal. Dan mereka pun dapat menjadi kreatif dan inovatif.

b) Sistem pendidikan
Sistem pendidikan di indonesia telah mengalami berbagai macam perubahan. Mulai dari kurikulum yang di gunakan dan metode-metode yang telah digunakan membuat evolusi tersendiri dalam pendidikan di indonesia ini. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwasaya setiap individu memiliki karakternya masing-masing, ada individu cocok terhadap sistem pembelajaran b, ada individu yang cocok terhadap sistem pelajaran c. dari hal tersebut, setiap orang memiliki ciri khas sendiri dalam proses pembelajaran itu. Sehingga pembenahan sistem pendidikan tidak akan pernah usai, hingga kapanpun. Karena itu untuk memilih sistem pendidikan yang baik kita sebaiknya memerlukan peran guru di sekolah itu untuk menganalisis bagaimana sistem pendidikan yang baik. Dari analisis-aalisis tadi di satukan dan diambil point intinya sehingga hal ini akan sangat membantu dalam menetapkan sistem pendidikan tersebut.

Bagan pengambaran ilustrasi




Diantara kedua faktor tersebut mereka memiliki bagian-bagian tersendiri yang memperkuat dan mempersatu agar seseorang tersebut memiliki kualias pendidikan yang unggul berkualitas. Jika dari kedua fakto r tersebut sudah benar maka kita dapat membuat program-program unggulan untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut, diantaranya yaitu:
a. One person one skill
Satu orang satu skill adalah suatu program yang bermaksud agar masyarakat Indonesia memiliki satu skill inti yang mampu mengangkat diri mereka ke arah yang lebih baik lagi. Karena sebaik-baiknya orang yang multitallent, mereka pasti memiliki satu fokus skill inti. Dan skill inti ini dapat di latih secara berkesinambungan dan terus-menerus. Ahli pada suatu bidang dapat menjadikan orang tersebut menjadi produktif dalam memproduksi sesuatu. Alhasil seseorang tersebut pun akan menjadi orang yang profesional.
maka dapat dipastikan jika indonesia memiliki orang-orang profesional di berbagai bidang, tentu saja akan memmbuat negara indonesia ini menjadi negara yang produktif.

b. Melakukan program Keahlian
Program keahlian disini memfokuskan kepada pendidikan non formal dan informal. Dimana mereka yang putus sekolah, ibu rumah tangga, dll. Dapat menempuh pendidikan keahlian mereka masing-asing sesuai dengan minat dan bakat mereka. Karena pendidikan informal dan non formal jauh lebih berperan besar dalam membuat seseorang itu profesional dalam bidangnya.

c. Meningkatkan Kewirausahaan di Kalangan Pemuda dan Pelajar
Langkah ini merupakan langkah yang tepat, karena dengan melihat bahwa pemuda-pemuda memiliki potensi yang mumpuni sebagai penerus bangsa yang dapat menjalankan perekonomian dikemudian hari. Dengan menanamkan kepada mereka jiwa wirausaha, dan pemberian modal usaha bagi mereka yang ingin membuka usahanya. Dengan langkah ini kita dapat memupuk kemandirian kepada mereka, agar kelak mereka bisa menjadi pribadi yang mandiri, tangguh, dan berkompeten. Hanya jiwa wirausaha lah, mereka dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri mereka, lingkungan, masyarakat, ataupun orang lain. Saya ingin pemuda-pemuda bangsa memiliki mental seperti layaknya seorang wirausaha yang mampu mengambil resiko, bertanggung jawab, kreatif, cerdas, inovatif, dan semangat pantang menyerah.

d. Mentalitas moral bangsa
Moral adalah hal yang paling terpenting dalam menentukan berkualitas atau tidaknya seseorang tersebut. Orang boleh saja memiliki ilmu tinggi, tetapi etika dan moral akan jauh lebih berperan besar. Karena jika seseorang tersebut berilmu, namun dia tidak memiliki etiket yang baik. Maka hal ini dapat mrnjadikan bomerang sendiri bagi bangsanya. Oleh karena itulah menjadikan SDM yang unggul berkualitas, bukan hanya sebatas ilmu saja. Namun akhlak, moral, dan etika seseorangpun harus dapat menjadi pertimbangan yang dasar.


Okey guyss, jadi kesimpulannya dari semua pembahasan yang telah kita bahas tadi. Bahwasannya untuk menjadikan suatu negara itu produktif, kita harus memproduktifkan dahulu warga yang ada di negara tersebut. Memproduktifkan masyarakat hanya dapat dilakukan apabila seseorang itu memiliki mutu dalam dirinya. Untuk mendapatkan mutu tadi, kita harus memperbaiki dari akarnya terlebih dahulu. Dengan begitu dari akar tersebutlah yang dapat menjadikan indonesia produktif kedepannya. Yeaiyyy… selesai

Jika kalian memiliki ide-ide yang bagus lainnya untuk meningkatkan produktifitas, boleh nih komen-komen di bawah. Biar kita dapat memahami, bagaimana sih cara memproduktifkan itu sendiri..

Sekian wassalamualaikum, wr.wb..

Penulis: Sumiati
____________________________________________
Official acount
Fb: Sumiati
Twitter: Sumiati4687l
YouTube: Sumiati 4687l

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal Mahasiswa UNSIKA terbaru

PMB UNSIKA 2021 Jalur SNMPTN, Rata-rata nilai, daya tampung, peminat dan keketatanya

Keketatan dan Daya Tampung SNBT UNSIKA 2023