E46

Hey guys.. benernya ini masih tanggal 22guys.. but gak tau knapa gw lagi pengen ngeluarin unek2 aja. 


Jadi tadi gw ngeliat berita di TV ni, beritanya ttg ilegal fishing gitu.. parah sih.. ^eits gw disini gak mau menyalahkan atau mendukung ya.. gw 100% mau ngeluarin unek2 doang. Please.. negara demokrasi kan?.. 

Miris sih IMO, mereka jauh2 dari Vietnam dan kamboja ke Indo cuman mau nyari ikan buat makan, menuhin kebutuhan sehari-hari. Bertaruh nyawa ombak Gede apalagi. Namanya laut kaga ada yang tau ^gw nyebrang dari pelabuhan Merak ke Bakauheni aja was2.. ngeri guys.. lah itu mungkin berhari2, bahkan berbulan2 mungkin ya.. but mereka caranya sih yang salah, ngapa mencuri. But disini lagi2 gw nggak bisa nyalahin 100% ke si orang2 ini tadi, ya mungkin di negara mereka ikannya abis, terus kalo mau ijin ke Indo pasti gak boleh, belum ribet nya juga dll. So mereka ambil jalan pintas yaudah deh nyuri aja. Yang gw rasa hasil curian nya itu gak nyampe miliaran ke para koruptor.. ratusan juta aja belum tentu ya kan.. beneran miris sih gw kalo liat ini. Masyarakat miskin makin miskin dan yang kaya makin kaya. Tapi di sini juga gw gak mau membenarkan, gw juga masih beranggapan, emg iya segitunya dia dateng ke Indo demi cari ikan? Nyampe maling? Apa ada masuk lain? Apa cuman memuaskan keserakahan mereka aja,,, atau mereka malah menyalahgunakan Indonesia yang kaya keanekaragaman hayati dan flora nya buat memperkaya diri dan merusak lingkungan semata? Nah timbulah perdebatan gw dan diri gw. Beneran aneh sih, mungkin cuman beberapa dari kalian yang ngerasain keg gw.

The final nya sih gw ngembil pelajaran di sini.. ya Sebaik2nya orang ya gak bisa juga lo perlakuin sewena wena. Orang itu punya hak.. but di sisi lain juga ketika ingin menghukum, kita perlu pertimbangan juga apakah memang benar atau ada hal lain. Perlu di pertimbangkan sih. Terlebih misal dia kepala keluarga yg mencukupi semua keluarganya. Miris bgt.. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal Mahasiswa UNSIKA terbaru

PMB UNSIKA 2021 Jalur SNMPTN, Rata-rata nilai, daya tampung, peminat dan keketatanya

Keketatan dan Daya Tampung SNBT UNSIKA 2023